Blogging All Right Now

Alat Bantu Ngeblog yang digunakan untuk Pemula sampai Master

ADSENSE HERE!
Alat Bantu Ngeblog yang digunakan untuk Pemula

Layaknya membangun sebuah gedung perusahaan yang bagus dan kokoh diperlukan banyak sekali alat-alat (tools) yang dipakai seorang tukang. Begitu juga membangun sebuah blog. Ada banyak sekali tools yang diperlukan untuk menunjang kebutuhan sebuah blog. Dari yang gratisan sampai yang berbayar.

Tools –tools ini bisa digunakan langsung meskipun ada beberapa yang harus mendaftar terlebih dahulu. Meskipun gratis tidak semua tools menampilkan data secara lengkap.

Berikut ini adalah alat bantu ngeblog yang banyak digunakan oleh seorang blogger baik pemula maupun master blog.

Tools untuk Cek Template

Langkah awal yang tidak kalah penting dalam membangun blog adalah mencari dan menemukan template sesuai niche blog sobat. Kalau tampilan (template/design) pasti berbeda setiap blog. Apapun template sobat cek lah dengan tools template berikut :

1. Google Pagespeed Insights
Web dari google ini digunakan untuk mengecek template dari segi pagespeed atau kecepatan. Template terbaik adalah yang memiliki score 80% - 100% tampilan mobile maupun desktop.
Jika blog sobat difokuskan untuk pengguna mobile pastikan score mobile nya lebih besar dari score destop. Bagusnya ya 100% semua sob. Untuk blog yang isinya tentang tutorial atau panduan belajar score terbesarnya usahakan yang versi desktop.

2. Responsinator
Mengecek template apakah responsive atau tidak. Responsive adalah syarat template yang disukai oleh google. Di web ini bisa dicek berdasarkan macam-macam perangkat mobile. Jika template terdapat struktur kode yang error atau tidak support maka tampilan di perangkat mobile akan acak-acakan dan terlihat blank.

3. Gtmetrix
Web ini berisi informasi untuk menilai sebuah template blog dari segi kecepatan akses per detiknya. Skor nilai terbaiknya adalah A. kalau skor nilainya C mending ganti template sob. Pasti berat itu loding blognya. Memang tidak mudah untuk mendapatkan template dengan scor A. Usahakn score template sobat A atau B.

4. Chkme
Digunakan untuk mengecek ke SEO sebuah template. Skor template terbaik adalah 100% sob. Kalau skornya masih 80% ke atas termasuk template baik. Tapi kalau dibawah 50% mending ganti template aja. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik lagi sobat bisa edit sendiri templatenya sampai menghasilkan skor A.

Jangan habiskan waktu terlalu lama untuk mengotak atik template blog kecuali sobat ingin mendalami dunia design. Jadi tetaplah fokus ke tujuan awal ngeblog

Domain dan Hosting

Ada yang gratis pasti ada yang berbayar. Domain atau alamat blog kalau kita menggunakan Top Level Domain (TLD) harus mengeluarkan biaya sob. Biasanya untuk domain .com berkisar antara 100-200 ribu. Rata-rata skitar 150 ribu per tahunnya.
Berikut adalah salah satu penyedia layanannya :
1. Qwords Adalah jasa layanan domain dan hosting yang menurut saya paling banyak diskon atau potongannya sob. Apalagi kalau pas ada moment atau bertepatan dengan tanggal tertentu.
Jika memiliki modal, saran terbaik adalah segera beli domain terlebih dahulu sebelum blog sobat memiliki banyak artikel. Usia blog akan dihitung berdasarkan domainnya sob. Sayang kalau punya blog dengan ratusan artikel dan ribuan pengunjung tapi masih menggunakan domian gratis.

Konten

Konten adalah raja. Intinya blog itu ada di konten. Yang termasuk konten adalah tulisan (artikel), gambar, video, grafik, link dan semua item yang mengandung informasi yang bermanfaat. Pembaca akan betah berlama-lama di blog sobat jika kontennya lengkap.

Memang tidak mudah membuat konten selengkap itu. Butuh kerja keras, perjungan dan doa. Berikut beberapa tools yang membantu menghasilan konten terbaik berdasarkan kata kunci.

1.  Google Keyword Planner
Untuk mengecek keyword atau kata kunci. Dengan tools ini sobat bisa mencari kata kunci apa sih yang banyak dicari oleh masyarakat dalam 1 bulan. Hasil pencarian dari keyword planner ini tidak full karena gratis. Meski gratis tapi cukup membantu untuk menemukan ide-ide kata kunci yang relevan.

2. Google Trends
Untuk mengecek trends atau info terbaru yang lagi hangat-hangatnya berdasarkan topik atau wilayah tertentu. Dengan google trends ini sobat bisa membuat informasi yang mudah untuk diviralkan. Kelemahan membuat kata kunci dengan google trends ini adalah tidak bertahan lama. Artiya bukan keyword abadi. Lebih cenderung keyword musiman.

3. Keywordtool.io
Digunakan untuk mencari kata kunci turunan yang paling banyak dicari oleh pengguna internet berdasarkan negera tertentu. Keywordtolio ini alternatif selain google keyword planner yang mendukung bahasa Indonesia.

4. Copyscape
Digunakan untuk mengcek keunikan artikel. Apakah artikel sobat itu asli hasil ketikan sendiri atau copy paste dari web lain. Usahakan jangan copas ya sob. Kalaupun terpaksa copas mintalah izin dari penulisnya atau cantumkan sumber referensi di blog sobat.

5. Smallseotools
Fungsinya digunakan untuk mengecek keunikan artikel. Di web ini ada banyak tools lain yang berkaitan dengan SEO.

Tools SEO (search engine optimizing)

Adalah tools yang digunakan untuk memanajemen konten blog. Dengan tools di bawah ini sobat dapat mesubmit artikel ke mesin pencari agar cepat terindek.

Umum

1. Brokenlinkcheck
Web ini digunakan untuk mengecek link-link yang ada di blog sobat. Jika ada link bermasalah akan ketahuan sob. Segera hapus atau perbaiki link yang error itu.

2. Blogcrowds
Jika blog sobat terdaftar di google adsense, kode iklan sobat tidak akan bisa di masukan di dalam template karena kodenya berbeda. Disinilah fungsinya. Web ini digunakan untuk memprase kode menjadi html.

Tools-tools di atas hanyalah tools dasar yang digunkan oleh seorang blogger. Pelajari sedikit demi sedikit ya sob.. sebagian besar tools diatas adalah tools by web artinya bukan instalan di CPU atau laptop. Jadi pastikan ketika ngeblog dan membuka website di atas kouta sobat cukup banyak.

Terimakasih telah membca artikel berjudul Alat Bantu Ngeblog yang digunakan untuk Pemula sampai Master
ADSENSE HERE!

1 comment:

  1. terimakasih infonya sangat bermanfaat, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2NNBmDX

    ReplyDelete

loading...

Slider Posts

Labels

Backlink (11) Bisnis Online (7) Blogging Tips (60) DMCA (5) Domain (4) Economy (2) Email (2) Facebook (1) Feed (2) Google Adsense (26) Health (2) Hosting (1) Info (60) Malware (1) News (7) Paypal (2) Political (5) Religious (9) Technology (1) Tools (13) Trik SEO (12)

Blog Archive

Copyright © asdedz. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design
Disclaimer | Privacy Policy | Terms of Service